Friday, January 3, 2014

Faktor Faktor Pengaruh Dalam Pemilihan Lokasi

FAKTOR-FAKTOR PENGARUH DALAM PEMILIHAN LOKASI

            Factor-faktor penting yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi masing-masing perusahaan berbeda. Bagi suatu perusaan mengkin factor terpenting adalah dekat dengan pasar. Tetapi mungkin yang lebih paenting bagi perusahaan lain adalah dekat dengan sumber-sumber penyediaan bahan dan komponen. Masih organisasi lainnya mungkin menemukan bahwa factor yang paling penting adalah memilih lokasi di mana tersedia tenaga kerja yang mencukupi kebutuhan organisasi, ataupun biaya transportasi, yang sangat tinggi bila produk berat dan besar.
            Jadi, alasan utama terjadinya perbedaan dalam pemilihan lokasi adalah adanya pebedaan kebutuhan masing-masing perusahaan. Lokasi yang baik adalah suatu persoalan individual. Hal ini sering disebut pendekatan “situasional” atau “contingency” untuk pembuatan keputusan bila dinyatakan secara sederhana, “semuanya bergantung”. Secara umum factor-faktor yang perlu di pertimbangkan dalam pemilihan lokasi perusahaan :
1.         lingkungan masyarakat, kesediaan masyarakat suatu daerah menerima segala konsekuensi, baik konsekuensi positif maupun negatifdidirikannya suatu pabrik di daerah tersebut merupakan suatu syarat terpenting. Perusahaan perlu memperhatikan nilai-nilai lingkungan dan ekologi di mana perusahaan akan berlokasi, karena pabrik-pabrik sering memproduksi limbah dalam berbagai bentuk air, udara, atau limbah zat padat yang telah tercemar, dan sering menimbulakan suara bising. Di lain pihak, masyarakat membutuhkan industry atau perusahaan karena menyediakan bebagai lapangan pekerjaan dan uang yang di bawa industry ke masyarakat. Lingkungan masyarakat yang menyenangkan bagi kehidupan para karyawan dan eksekutif juga memungkinkan mereka melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Tersedianya fasilitas sekolah, rekreasi kegiatan-kegiatan budaya dan olahraga adalah bagian penting dari keputusan ini.
2.         kedekatan dengan pasar. Dekat dengan pasar akan membuat perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para langganan, dan sering mengurangi biaya distribusi. Perlu dipertimbangkan juga apakah pasar perusahaan tersebut luas ataukah hanya melayani sebagian kecil masyarakat, produk mudah rusak atau tidak, berat produk, dan proporsibiaya distribusi barang jadi pada total biaya. Perusahaan besar dengan jangkauan pasar yang luas, dapat mendirikan pabrik-pabriknya di banyak tempat yang tersebar untuk mendekati pasar.
3.         tenaga kerja. Di manapun lokasi perusahaan, harus mempunyai tenaga kerja, karena itu cukup tersedianya tenaga kerja merupakan hal yang mendasar. Bagi banyak perusahaan sekarang kebiasaan dan sikap calon pekerja suatu daerah lebih penting dari keterampilan dan pendidikan, karena jarang perusahaan yang dapat menemukan tenaga kerja baru yang telah siap pakai untuk pekerjaan yang sangat bervariasi dan tingkat spesialisasi yang sangat tinggi, sehingga perusahaan harus menyelenggarakan program latihan khusus bagi tenaga kerja yang lebih baik disbanding dari daerah lain, seperti tercermin pada tingkat absensi yang berbeda dan semangat kerja mereka. Disamping itu, penarikan tenaga kerja, kuantitas dan jarak, tingkat upah yang berlaku, serta persaingan antar perusahaan dalam memperebutkan tenaga kerja yang berkualitas tinggi, perlu diperhatikan perusahaan.
4.         kedekatan dengan bahan mentah dan supplier. Apabila bahan mentah berat dan susut cukup besar dalam proses produsi maka perusahaan lebih baik  berlokasi dekat bahan mentah, missal pabrik semen, kayu, kertas dan baja. Tetapi bila produk jadi lebih berat, besar, dan bernilai rendah maka lokasi dipilih sebaliknya. Begitu juga bila bahan mentah lekas rusak, seperti perusahaan buah-buahan dalam kaleng, lebih baik dekat bahan mentah. Lebih dekat dengan bahan mentah dan para penyadia (supplier) memungkinkan suatu perusahaan mendapatkan pelayanan supplier yang lebih baik dan menghemat biaya pengadaan bahan.
5.         fasilitas dan biaya transportasi. Tersedianya fasilitas transportasi baik lewat darat, udara dan air akan melancarkan pengadaan factor-faktor produksi dan penyaluran produk perusahaan. Pentingnya pertimbangan biaya biaya transportasi tergantung “sumbangan” nya terhadap total biaya, contoh untuk perusahaan computer yang biaya transportasinya hanya sekitar 1 atau 2% dari total biaya, tidak jadi masalah di manapun lokasi perusahaan berada disbanding bagi perusahaan semen.

6.         sumber daya alam lainnya. Perusahaan-perusahaan seperti pabrik kertas, baja, karet, kulit, gula, tenun, pemrosesan makanan, alumunium dan sebagainya sangat memerlukan air dalam kuantitas yang besar. Selain itu hamper setiap industry memerlukan baik tenaga yang dibangkitkan dari aliran listrik, disel, air, angina dan lain-lain. Oleh sebab itu perlu diperhatikan tersedianya sumber daya-sumber daya (alam) dengan murah dan mencukupi.
Terimakasih anda telah membaca Faktor Faktor Pengaruh Dalam Pemilihan Lokasi. semoga bermanmaat.

3 comments:

  1. Faktor Faktor Pengaruh Dalam Pemilihan Lokasi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Faktor Faktor Pengaruh Dalam Pemilihan Lokasi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Faktor Faktor Pengaruh Dalam Pemilihan Lokasi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete